10 Prinsip dalam Komunikasi
1. Menjadi Pendengar yang Baik
Fokus pada apa yang dikatakan pembicara (costumer).Jika suatu saat ada yang kurang dimengerti jangan sungkan untuk meminta penjelasan lagi.
Fokus pada apa yang dikatakan pembicara (costumer).Jika suatu saat ada yang kurang dimengerti jangan sungkan untuk meminta penjelasan lagi.
2. Persiapan Sebelum komukasi atau pertemuan
Sebelum komunikasi dengan costumer dilakukan, seharusnya pokok-pokok yang akan dibicarakan kita pahami terlebih dahulu.Hal ini dilakukan agar komunikasi berjalan efisien(tidak menghabiskan banyak waktu).
Sebelum komunikasi dengan costumer dilakukan, seharusnya pokok-pokok yang akan dibicarakan kita pahami terlebih dahulu.Hal ini dilakukan agar komunikasi berjalan efisien(tidak menghabiskan banyak waktu).
3. Siapkan seorang moderator
moderator mempunyai berbagai peran seperti : Menjaga agar percakapan berjalan semestinya,(2) untuk menangani jika terjadi konflik, (3) agar prinsip-prinsip komunikasi yang baik tetap dijalankan.
moderator mempunyai berbagai peran seperti : Menjaga agar percakapan berjalan semestinya,(2) untuk menangani jika terjadi konflik, (3) agar prinsip-prinsip komunikasi yang baik tetap dijalankan.
4. Komunikasi yang terbaik ialah komunikasi secara langsung(tatap muka)
Dengan tatap muka costumer dapat lebih mudah merepresentasikan informasinya oleh karena itu komunikasi akan berjalan efektif karena komunikasi akan berjalan lancar jika informasi antara (pembicara-pendengar) mengalir dengan baik.
Dengan tatap muka costumer dapat lebih mudah merepresentasikan informasinya oleh karena itu komunikasi akan berjalan efektif karena komunikasi akan berjalan lancar jika informasi antara (pembicara-pendengar) mengalir dengan baik.
5. Mencatat semua keputusan yang telah dibuat
Keputusan yang dihasilkan dalam pertemuan sangatlah penting.Oleh karena itu keputusan ini harus disimpan dengan baik.Dapat disimpan dalam bentuk rekaman suara atau pun dokumen/notes yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak.
Keputusan yang dihasilkan dalam pertemuan sangatlah penting.Oleh karena itu keputusan ini harus disimpan dengan baik.Dapat disimpan dalam bentuk rekaman suara atau pun dokumen/notes yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak.
6. Usahakan untuk berkolaborasi dengan baik.
Kolaborasi berarti bekerja sama.Dengan adanya kolaborasi antar anggota tim contohnya pada software developer maka akan mempermudah untuk menjelaskan suatu fitur atau fungsi dari satu system.
7. Tetap fokus dan organisir komunikasi anda.
Suatu pertemuan biasanya mempunyai berbagai topik dan bahasan. Komunikasikan informasi dalam hal yang singkat, padat dan jelas.Selain fokus terhadap topik dalam pembicaraan waktu karena waktu dalam sebuah pertemuan tatap muka itu sangatlah penting.
8. Jika sesuatu yang sulit diungkapkan, gambarkanlah pada sebuah media
Komunikasi verba pasti mempunyai kekurangan.Dengan penggambaran/sketsa mungkin informasi yang hendak disampaikan dapat lebih mudah diserap oleh komunikator.
9. Saat anda menyetujui sesuatu, Saat anda tidak menyetujui sesuatu, saat ada sesuatu yang tidak bisa dijelaskan PINDAH KE TOPIK YANG LAIN.
Sebuah pertemuan pasti memiliki harga yang tidak kecil.Oleh karena itu optimalkan pertemuan untuk membahas agenda pertemuan yang telah direncanakan.Jikalau ada segelintir orang yang tidak puas dengan hasil pertemuan.Buatlah pertemuan baru dengan segelintir orang tersebut.
10. Hal yg terbaik adalah tercapainya kesepakatan kedua belah pihak (user & developer)
1 comments:
Kami ingin bertanya mengenai beberapa hal:
- Apakah moderator memang harus ada?bukankah moderator lebih cocok digunakan pada saat debat yang memang beresiko konflik?jelaskan alasannya?
Post a Comment